WELCOME TO MY BLOG...THE SPIRIT FOR YOUR LIVE

HAI...HAI...HAI...PORO SEDULUR KABEH MATUR SUWUN SAMPUN TUMUT GAYENGAKE BLOG KULO MENIKO...AJINING DIRI MUNG SOKO LATHI.
BY: ARDLAND.

MENGENANG IBUNDA

on 7.20.2009

Carcinoma mammae, penyakit ganas yang telah merenggut nyawa ibuku.Yach, 9 tahun silam masih terbayang perjuangan Ibunda melawan ganasnya penyakit Carcinoma mammae atau yang biasa kita kenal Kanker Payudara. Awalnya kami tak mengira kalau benjolan yang berada di bawah ketiak kiri ibunda itu adalah gejala awal dari kanker. Dan diagnosa dokterpun mengatakan itu hanyalah benjolan biasa seperti bisul. Selang 3 bulan kami baru sadar, keadaan ibunda tak seperti dulu.Badannya kian kurus kering, entah berapa kilo berat badanya telah menurun. Pekerjaan sehariannya sebagai seorang pedagang pun tak sanggup lagi dia lakukan. Yang dia lakukan hanya berbaring lesu di tempat tidur...YA ALLAH...Apa yang terjadi pada Ibunda tercinta??? kami semua (ayah, 2 kakakku,dan adik laki-lakiku,dan aku sendiri. oya aku adalah anak ketiga dari 4 bersaudara) sangat bingung kala itu, apa yang harus kami lakukan???
Saat itu aku masih duduk di kelas 2 SLTP, jadi belum tahu menahu tentang Kanker Payudara yang diderita Ibunda. Begitu juga keluargaku. Kami hanyalah orang desa yang kurang sosialisasi tentang kesehatan. Ya walaupun di sekolah ada juga pelajaran IPA, tapi masih minim tentang Carcinoma mammae tersebut. Bahkan untuk berobat ke dokterpun keadaan ekonomi kami tidak memungkinkan.
Sampai pada suatu saat ada keluarga yang bersedia mengulurkan bantuan. Dan akhirnya Ibunda mendapatkan rujukan untuk dioperasi di Rumah Sakit Tentara (RST) di kota Magelang. Alhamdullilah, ku ucap syukur pada ILLAHI. Rencananya tanggal 22 April 2000 Ibunda di boyong ke rumah sakit untuk segera diangkat kanker yang makin mengganas tersebut .
Tapi....takdir Tuhan siapalah tahu. Belum sempat dibawa berobat, tanggal 20 April 2000 tepatnya jam 04:00 dini hari, Ibunda menghembuskan nafas terakhirnya....
Sampai kinipun masih terbayang senyum terakhirnya, dan itu akan aku kenang hingga akhir hidupku...
Batam, 21 July 2009, "Ardland"

0 komentar:

Posting Komentar